BERBUAT BAIK KEPADA ORANG TUA

Alloh Subhaanahu Wata’ala befirman :
“.Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.(Qs Al Isro : 23)

Alkisah ada anak yang curhat kepada seorang ustadz tentang orang tuanya, yang menurut penilaian anak itu bahwa orang tuanya kuno, kurang pendidikan dan anak ini merasa teraniaya dengan kondisi hidupnya.

Maka sang Ustadz memberikan arahan agar anak tersebut menuliskan keburukan dan kebaikan orang tuanya.Maka ditulislah keburukan orang tuanya(pemarah, kurang perhatian dan pelit) kemudian tulislah dengan jujur apa kebaikan orang tuamu, maka sambil merenung ditulislah kebaikan ibunya :
“Dulu didalam perut ibu 9 bulan menghisap darahnya. berbaring, jalan, tidur sulit karena ada saya diperutnya, selama 3 bulan pertama mual dan muntah, ketika saya lahir banyak darah yang ibu korbankan namun ibu tersenyum melihat kesempurnaan tubuh saya, ibu rela tidak tidur semalaman apalagi ketika saya demam, rasanya tidak rela seekor nyamuk pun ada yang menggigit saya, berhutang sana sini agar saya punya sepatu dan baju yang layak, walaupun harus menahan lapar tapi puas asalkan saya kenyang, kadang dimarah orang lain gara-gara kenakalan saya, makin lama makin besar mata saya sering melihat sinis, pintu dibanting, dan sering menyakitinya…. ”

Ternyata tidak terasa anak ini meneteskan air matanya dan tulisan kebaikan orang tuanya pun tidak tuntas karena begitu banyak kebaikan orang tuanya.

Sahabatku, Beruntunglah yang Ramadhan ini masih ada orang tuanya bisa mencium tangannya, meminta do’anya, meminta maafnya, memuliakannya, memeluknya.

Leave a comment